Travelling : Wilayah Sembalun Dengan Jutaan Kubah


Banyak yang menawarkan trekking ke puncak Rinjani melalui wilayah sembalun. Rinjani memang dikenal sebagai wilayah wisata geopark. 

Berikut saya jelaskan dahulu , pengertian istilah Geopark.

Wilayah Geopark Rinjani-Lombok meliputi 4 kabupaten yaitu : kabupaten Lombok Barat, Lombok Tengah, Lombok Timur dan Lombok Utara; dan satu kota yaitu kota Mataram dengan gunung Rinjani sebagai geopark. Geopark Rinjani Lombok memang tercatat memiliki 22 situs geologi, 8 situs biologi dan 17 situs budaya.

Geopark Rinjani telah ditetapkan menjadi Geopark Nasional pada tanggal 7 Okfober. 2013 oleh Komite Nasional Geopark Indonesia.

Tercatat sejak tahun 2016 Geopark Rinjani Lombok telah diusulkan untuk menjadi anggota UNESCO Global Geopark (UGG) 

Adapun manfaat bagi masyarakat sekitar akan pengakuan wilayah Geopark Rinjani adalah:


1. Membina usaha ekonomi untuk meningkatkan kesejahteraan demi kemajuan yang berkelanjutan.

2. Melestarikan nilai adat budaya kearifan lokal, dimana lembaga dan kelompok masyarakat akan dilibatkan dalam pengelolaan dan pengembangan pemanfaatan lokal.

3. Sebagai wadah bersama pemerintah dengan masyarakat dalam meluhurkan warisan bumi dan kekayaan sumber daya alam.

Untuk menuju ke wilayah Sembalun (Lombok Timur) diperlukan waktu kurang lebih 4 jam dari kota Mataram. Melalui jalan aspal yang tertata rapih namun berkelok-kelok dengan sudut belokan yang tajam. Beberapa rambu lalu lintas terlihat di pinggir jalan, namun belum banyak memperingatkan pengguna jalan akan kelokan tajam yang akan dihadapi di muka.

Kelokan jalan akan membawa kita melalui hutan, pemandangan ladang pertanian dan pesona gunung dari kejauhan.




Ada yang menarik saat saya menempuh perjalanan ke wilayah Sembalun ini. Hanya dalam radius beberapa meter, akan terlihat kubah-kubah mesjid. Beberapa daerah juga terlihat pembangunan mesjid.
Sehingga sayapun dengan cepat menyebutkan wilayah sembalun ini cocok dengam sebutan jutaan kubah.







Tentunya dengan banyaknya mesjid, menjadikan wilayah Sembalun sebagai wisata halal, namun apakah sudah termasuk dalam daftar wisata halal? Melalui pencarian google terlihat bahwa Sembalun belum menjadi daerah tujuan wisata halal dan sungguh sangat disayangkan, karena wilayah sembalun sebenarnya telah memenuhi kriteria sebagai daerah tujuan wisata halal. Di wilayah Sembalun juga masih terdapat penduduk adat yang berpegang teguh akan ajaran Islam.







*Penulis : Nuty Laraswaty



SHARE Facebook Twitter
PREVIOUS ARTICLE

Musibah : Apakah Ujian atau Azab ?

NEXT ARTICLE

Beda Riya’ dan Ujub

RELATED ARTICLES

COMMENTS (0)

LEAVE A REPLY


Masukkan Nama dan Email Anda untuk mendapatkan artikel terbaru