Rasulullah Menyukai Labu dan Manfaatnya Untuk Kesehatan



Labu mempunyai nama latin yaitu Cucurbita moschata. Orang Sunda menyebutnya waluh dan orang Jawa menyebutnya bugis. Buah ini merupakan buah yang sering digunakan untuk sayuran atau kolak. Buah labu mempunyai banyak jenis diantaranya ada labu kuning, labu siam, labu manis dan lain-lain. Dari sekian banyak jenis labu, labu kuning (Cucurbita moschata) adalah yang paling sering digunakan dalam masakan yang mempunyai nama lain yaitu labu parang atau pumpkin. Selain enak untuk dijadikan bahan makanan ternyata banyak manfaat buah labu ini bagi kesehatan tubuh dan dapat mengobati berbagai macam penyakit.

Buah labu merupakan tanaman yang berupa semak, merambat. Batangnya berkayu dan lunak serta mempunyai lendir. Daun nya berwarna hijau dan pada bagian organ batang serta daun nya terdapat bulu-bulu halus. Buahnya berwarna kuning dan biji nya berwarna putih kekuningan. Biji nya pun selain digunakan sebagai bibit, digunakan pula sebagai makanan ringan.

Di dalam Al-Qur’an  terdapat banyak ayat-ayat tentang tumbuh-tumbuhan dimana tanaman-tanaman tersebut mempunyai manfaat yang besar bagi kehidupan manusia dan semua makhluk di bumi. Sebelum berkembangnya ilmu teknologi Al-Qur’an telah menyebutkan beberapa tanaman yang mempunyai manfaat tersebut. Salah satunya adalah Labu yang dijelaskan dalam QS. (Ash-Shaffat: 146) ;

 

"Dan Kami tumbuhkan untuk dia sebatang pohon dari jenis labu."

Ayat ini menceritakan kisah Nabi Yunus setelah ditelan ikan paus kemudian Allah Subhanahu wa Ta’ala menyelamatkannya dan menumbuhkan pohon yaqtin atau labu.

 

Dalam sebuah hadits disebutkan bahwa seorang penjahit mengundang Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam untuk menghadiri suatu jamuan makan. Kata Anas ; “ Aku berangkat bersama Rasulullah menghadiri jamuan makan tersebut , Kepada Rasulullah tuan rumah menghidangkan roti dari gandum serta kuah ( gangan) berisi labu dan dendeng .  Aku melihat Rasulullah mencari labu dari seputar mangkuk kuah itu “. ( Riwayat Muslim ).

 

Buah labu merupakan salah satu buah kesukaan Rasulullah. Bahkan beliau menyuruh isterinya Aisyah untuk memperbanyak labu dalam masakannya .  Dalam kitab al-Ghailaaniyyat diceritakan ; Rasulullah pernah minta kepada Aisyah untuk memperbanyak labu saat memasak sayur. “ Sesungguhnya labu itu dapat mengobati kesedihan hati “ kata Rasulullah.

 

Labu, salah satu makanan yang biasa dikonsumsi Rasulullah, SAW adalah tanaman yang oleh para ilmuwan telah dijadikan tema riset dan analisis, di mana akhirnya atas izin Allah mereka menemukan khasiatnya yang luar biasa.

 

Bukhari telah membuat bab khusus tentang labu, dalam kitabnya. Di dalamnya disebutkan hadits Nabi SAW. yang diriwayatkan dari Anas : "Bahwa Rasulullah, SAW datang kepada seorang budaknya yang ahli menjahit, budak itu menyuguhkan labu, lantas beliau terus memakannya. Saya jadi suka makan labu semenjak saya melihat Rasulullah SAW memakannya".

 

Abu Thalut berkata, "Aku masuk ke rumah Anas bin Malik Radhiyallahu Anhu, yang ketika itu dia sedang memakan labu, seraya berkata, "Ada apa sebenamya kamu ini wahai labu. Aku tidak menyukaimu melainkan karena Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam menyukaimu.

Dalam riwayat hadits  Ath Tabrani, Rasulullah bersabda : “Hendaklah kamu sekalian mengkonsumsi buah labu karena sesungguhnya buah labu itu bermanfaat menambah kecemerlangan otak dan akal pikiran”.

 

Manfaat Labu Bagi Kesehatan

Buah labu ini mudah sekali dalam penanamannya tidak perlu susah dalam memeliharanya. Ketika biji buah labu di tanam sembarang pun tanaman tersebut akan tumbuh. Bagian yang dimanfaatkan dari buah labu ini yaitu daun, buah dan biji. Daun nya bisa digunakan sebagai lalapan, dan buahnya bisa digunakan sebagai sayuran atau kolak serta biji nya bisa digunakan sebagai makanan ringan.

Manfaat Labu ini banyak sekali bagi kesehatan tubuh, karena kandungan yang terdapat pada buah labu yaitu kaya akan β-karoten, vitamin B1, vitamin C, kalsium fosfor, besi, kalium, natrium serta mengandung Vitamin A dan zinc. Nutrisi dalam labu berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Selain itu, buah labu pun bermanfaat untuk membantu pencernaan, meurunkan panas, mencegah jantung koroner, dan cacingan.

Jenis labu yang kerap dikonsumsi adalah labu siam dan labu air. Labu siam sangat kaya akan kandungan serat, vitamin A, B dan C, mineral dan air, niasin, dan sedikit albuminoid. Karena bersifat dingin, jika dimakan terasa sejuk dan dingiin di perut.
Daging buahnya terdiri atas 90% air, 7,5% karbohidrat, 1% protein, 0,6% lemak. Juga mengandung sekitar 20 mg kalsium, 25 mg fosfor, 100 mg kalium, 0,3 mg zat besi, 2 mg natrium, serta beberapa zat kimia yang berkhasiat bisa menjadi obat. Air labu siam memiliki efek diuretik yang baik sehingga melancarkan buang air kecil dan efektif menurunkan demam.


Jenis kedua adalah labu air. Labu air mengandung kalsium, zat besi, dan vitamin C. Labu air ini juga bersifat mendinginkan. Karenanya, baik sekali dimakan oleh penderita demam. Ilmuwan dari Chosun University, Korea Selatan bahkan menemukan bahwa dalam kulit labu terdapat sejenis zat aktif yang mampu membunuh kuman penyebab penyakit candidiasis atau infeksi jamur.


Secara terperinci dalam tulisan Dr. Sri Handayani menyebutkan berbagai macam manfaat buah labu diantaranya, yaitu:

·         Labu mengandung karotenoid yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melindungi tubuh dari berbagai gangguan bakteri dan virus.

·         Sebagai antioksidan, dimana labu kaya akan beta-karoten yang berperan sebagai antioksidan dan antiinflamsi yang kuat. Beta-karoten juga membantu dalam mencegah pengendapan kolesterol di dinding arteri dan menurunkan resiko stroke.

·         Anti penuaan. Selain mengandung beta-karoten, labu pun menganung beta-karoten, vitamin A, C, dan seng yang berfungsi memperlambat proses penuaan dan mencegah pembentukan katarak.

·         Masalah pencernaan. Labu mengandung kadar serat yang tinggi pula sehingga bisa menghilangkan racun dari saluran pencernaan makanan dan mencegah sembelit.

·         Kepadatan tulang. Labu mengandung seng yang mnguntungkan sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan kepadatan tulang. Oleh karena itu, orang yang beresiko osteoporosis makanan sehat ini wajib untuk di konsumsi.

 

*disadur dari : kajiansainsalquran.blogspot.co.id dan lyceum.id

 

SHARE Facebook Twitter
PREVIOUS ARTICLE

5 Manfaat Ice Cream Bagi Ibu Hamil ...

NEXT ARTICLE

Tanda-Tanda Seseorang Memperoleh Ha...

RELATED ARTICLES

COMMENTS (0)

LEAVE A REPLY


Masukkan Nama dan Email Anda untuk mendapatkan artikel terbaru