Delima Buah Surga


ADA beberapa buah yang tertera dalam al-Qur’an. Salah satunya buah delima. Buah ini masih dapat kita temukan diberbagai daerah. Buah ini memiliki khasiat yang begitu besar. Hingga Allah menerangkannya dalam al-Qur’an.

Allah SWT berfirman, “Dan Dialah yang menurunkan air hujan dari langit, lalu Kami tumbuhkan dengan air itu segala macam tumbuh-tumbuhan Maka Kami keluarkan dari tumbuh-tumbuhan itu tanaman yang menghijau. Kami keluarkan dari tanaman yang menghijau itu butir yang banyak; dan dari mayang korma mengurai tangkai-tangkai yang menjulai, dan kebun-kebun anggur, dan (kami keluarkan pula) zaitun dan delima yang serupa dan yang tidak serupa. Perhatikanlah buahnya di waktu pohonnya berbuah dan (perhatikan pulalah) kematangannya.Sesungguhnya pada yang demikian itu ada tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi orang-orang yang beriman,” (QS. Al An’am: 99).


Ayat lain menyebutkan “Di dalam keduanya (surga) juga ada buah-buahan dan pohon kurma dan delima,” (QS. al Rahman ayat 68).

"Dan Dialah yang menjadikan kebun-kebun yang berjunjung dan yang tidak berjunjung, pohon korma, tanam-tanaman yang bermacam-macam buahnya, zaitun dan delima yang serupa (bentuk dan warnanya) dan tidak sama (rasanya). Makanlah dari buahnya (yang bermacam-macam itu) bila dia berbuah, dan tunaikanlah haknya di hari memetik hasilnya (dengan disedekahkan kepada fakir miskin); dan janganlah kamu berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang yang berlebih-lebihan." (QS. Al-An'aam : 141)

 

Buah delima telah beribu tahun digunakan sebagai makanan. Biji delima pernah ditemukan pada situs arkeologi Zaman Perunggu Tengah (5000 tahun yang lalu) di Yerikho dan Nimrud di Israel. Bangsa Sumeria telah menanam pohon delima di bawah pohon kurma pada sekitar 3000 SM. Delima sangat sering disebut dalam Perjanjian Lama. Di dalam al Quran surat Al Rahman ayat 68, buah delima (rumman) disebut sebanyak 3 kali sebagai buah lain selain kurma yang tumbuh di surga. Setelah mempelajari berbagai sumber teks kuno, para ahli berteori bahwa buah delima mungkin adalah “apel” yang tumbuh di Taman Eden. Nama latin delima, Punica granatum, berarti buah apel yang banyak bijinya.

Banyak penelitian yang telah membuktikan bahwa buah delima memiliki keajaiban yang sangat beragam. Di bawah ini beberapa keajaiban buah delima yang telah di temukan oleh para ilmuwan:

 

1. Antioksidan

Penelitian terbaru menyebutkan bahwa buah delima kaya akan antosianidin yang berkhasiat antioksidandan anti-inflamasi. Jus buah delima disebut-sebut memiliki antioksidan lebih besar daripada “makanan super” lain seperti anggur merah, teh hijau, dan blueberry. Antioksidan melawan radikal bebas yang dapat merusak sel-sel. Kerusakan sel ini berkaitan dengan segala macam penyakit termasuk kanker, penyakit jantung dan alzheimer.

 

2. Melindungi jantung

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Proceedings of the National Academy of Sciences menemukan bahwa jus delima memerangi pengerasan arteri dan penyakit terkait seperti serangan jantung dan stroke. Buah delima mencegah penumpukan plak di arteri dan dapat meluruhkan penumpukan plak sebelumnya.

Studi lain pada Journal of Cardiology menemukan bahwa pasien penyakit jantung koroner (PJK) yang meminum sari buah delima setiap hari selama tiga bulan menunjukkan peningkatan aliran darah ke jantung sekitar 17 persen. Aliran darah justru menurun sebesar 18 persen pada kelompok plasebo.

3. Menurunkan kolesterol buruk

Menurut penelitian di American Journal of Clinical Nutrition, antioksidan dalam buah delima dapat mengurangi oksidasi LDL (kolesterol jahat) pada tikus. Hal ini menurunkan kadar LDL dan meningkatkan HDL (kolesterol baik).

 

4. Menurunkan tekanan darah

Satu studi menunjukkan bahwa minum 1,7 ons jus delima per hari menurunkan tekanan darah sistolik sebanyak 5 persen.

Itulah beberapa khasiat yang dapat kita temukan dalam buah delima. Allah telah menerangkan bahwa memang buah delima memiliki khasiat.

5. Stenosis arteri karotis

Sebuah studi yang baik dari tahun 2004 pada pasien dengan stenosis arteri karotis (arteri menyempit) menemukan bahwa segelas jus delima harian (50 ml) selama tiga tahun mengurangi kerusakan yang disebabkan oleh kolesterol dalam arteri, dan juga mengurangi kolesterol. Namun, efek ini tidak jelas dipahami untuk kondisi seperti stroke.

 

6. Mencegah Kanker Prostat

Satu studi kecil pada tahun 2006 menemukan bahwa minum 227 ml harian jus delima secara signifikan akan memperlambat kemajuan kanker prostat pada pria dengan kanker prostat berulang. , namun penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menemukan bukti yang mendukung temuan ini.

 

7. Mengatasi Gangguan Perut

Kupas buah delima dan gunakan untuk menenangkan gangguan lambung atau diare yang disebabkan oleh setiap jenis masalah pencernaan. Minum teh yang terbuat dari daun buah ini juga membantu dalam menyembuhkan masalah pencernaan. Jus buah delima juga digunakan untuk menangani masalah seperti disentri dan kolera.

 

8. Menghindari Anemia

Aliran darah yang sehat dapat dipertahankan dalam tubuh dengan mengonsumsi buah ini dalam bentuk apapun. Persediaan delima untuk zat besi dalam darah, akan membantu mengurangi gejala anemia, termasuk kelelahan, pusing, kelemahan, dan gangguan pendengaran.

 

Dalam Al-Qur’an telah menerangkan buah delima ini sebagai buah yang kaya akan khasiat. Hingga akhirnya dibuktikan oleh para peneliti yang mengungkapkan khasiat tersebut. Hal ini membuktikan bahwa Al-Qur’an benar-benar kitab yang patut kita percaya akan keaslian isi kandungannya. []

Tips mengonsumsi buah Delima


Ketika membeli buah delima, pilih yang berat dan tidak retak kulitnya. Bila disimpan di lemari es, buah ini dapat bertahan sampai enam bulan. Tapi lebih baik memakan yang segar.

Untuk membuka delima, pertama Anda harus memotong mahkotanya, lalu iris kulitnya dari atas ke bawah pada tiga atau empat bagian. Buka kulit delima dengan jari-jari Anda dan ambil isi buahnya ke dalam dalam mangkuk.

Baik daging maupun biji delima bisa dimakan. Biji delima adalah sumber serat dan nutrisi yang baik, jika Anda merasa nyaman memakannya. Banyak khasiat buah delima terdapat pada bijinya.

 

*dari berbagai sumber

  

SHARE Facebook Twitter
PREVIOUS ARTICLE

7 Keutamaan Shalat Dhuha yang Luar ...

NEXT ARTICLE

15 Kriteria Calon Suami yang Baik M...

RELATED ARTICLES

COMMENTS (0)

LEAVE A REPLY


Masukkan Nama dan Email Anda untuk mendapatkan artikel terbaru