Buah Tin , si Buah Surga Luar Biasa Manfaatnya



Khasiat Buah Tin dalam Al-Quran dan Hadits

Buah tin memiliki khasiat yang sangat fenomenal. Sampai-sampai, bukan hanya dikenal oleh kalangan masyarakat secara umum saja, tapi juga disebutkan oleh Allah SWT di dalam kitab suci Al-Quran, tepatnya di surat At-Tin ayat 1-2. Begitupun di dalam Hadits Rasuluah SAW yang menyebutkan beberapa khasiat dari buah tin.

 

Berikut ini khasiat buah tin dalam Al-Quran dan Hadits Rasulullah SAW:

”Demi buah tin dan buah zaitun, demi gunung thursina,” (at-Tin: 1-2)

Abu Darda radhiallahu’anhu juga meriwayatkan sabda Nabi bahwa:

“Sekiranya kukatakan ada buah-buahan yang turun dari surga maka itulah buah tin. Karena, buah-buahan surga itu tanpa biji. Makanlah ia, karena ia dapat menghentikan wasir dan bermanfaat menyembuhkan encok.“ (Dituturkan oleh Ibnu Qayyim dalam Zaadul Ma’aad)”

Sebenarnya, dari firman dan hadits tersebut saja kita sudah dapat melihat btapa besar manfaat yang diberikan oleh buah tin bagi kita. Makanya, di artikel ini akan kita lihat berbagai macam manfaaat buah tin dan daunnya bagi kesehatan kita.

Tapi sebelumnya, perlu kita ketahui juga nutrisi dan kandungan buah tin agar melengkapi pengetahuan kita akan manfaat buah tin

Nutrisi dan Kandungan Buah Tin

Kandungan nutrisi buah tin dikenal cukup lengkap, baik nutrisi yang berbentuk mineral maupun vitamin. Dengan alasan inilah, akhirnya buah tin diposisikan sebagai buah super nutrition oeh para ahli.

Kandungan buah tin di antaranya ada omega 3, omega 6, dan kalium yang fungsiya adalah untuk menjaga agar terhindar dari serangan penyakit jantung koroner dan tekanan darah tinggi. Buah tin juga mengandung coumarin yang berfungsi sebagai penangkal serangan penyakit kanker prostat.

Selain itu, buah tin kaya akan kalsium yang dapat meningkatkan kepadatan tulang dan menjaga agar tulang tetap sehat dan tidak keropos atau osteoporosis. Kandungan trytophan juga terdapat di dalam buah tin yang manfaatnya adalah sebagai penurun kadar kolesterol dalam darah. Buah tin juga kaya akan serat, dan hal ini tentu sangat baik bagi yang sedang dalam program diet untuk menurunkan berat badan.

 

Manfaat Buah Tin

 

1. Mengatasi hipertensi dan jantung koroner

Manfaat buah tin yang pertama adalah mengatasi hipertensi dan jantung koroner. Apabila pembuluh darah terjadi penyempitan, maka dapat mengakibatkan munculnya tekanan darah tinggi. Kalau keadaan ini dibiarkan saja, makan penyakit jantung koroner yang sangat berbahaya akan muncul.

Kandungan senyawa mineral alami yang terkandung di dalam buah tin seperti fenol, magnesium, omega 3, omega 6, dan fosfor nyatanya cukup berkhasiat untuk mencegah serangan penyakit jantung koroner dan menurunkan tekanan darah tinggi.

2. Mencegah serangan jantung

Satu lagi penyakit yang berbahaya, bahkan dikenal sebaga penyakit paling mematikan di seuruh dunia adalah serangan jantung. Saking mematikannya, seseorang dapat mati hanya dalam waktu kurang dari 1 menit. Makanya, mari kita cegah penyakit jantung sejak hari ini.

Salah satu yanng dapat menyebabkan seseorang terserang penyakit jantung adalah tingginya kadar natrium dalam tubuh. Natrium ini akan menimbukan plak dan penyempitan pembuluh darah yang memberatkan kinerja jantung dalam tugasnya sebagai pendistribusi darah ke seluruh tubuh.

Dari hasil penelitian di Arab Saudi, ternyata senyawa kalium yang tinggi di dalam buah tin cukup bermanfaat dalam menurunkan kadar natrium dalam tubuh. Pendapat para ahli, saah satu cara untuk menekan resiko terkena serangan jantung mendadak adalah dengan mengonsumsi buah tin minimal 1x sehari.

3. Mencegah kanker

Penyakit mematikan nomor dua di dunia setelah peyakit serangan jantung adalah kanker. Salah satu dari berbagai macam faktor yang menjadi penyebab timbulnya penyakit kanker adalah radikal bebas yang merusak kulit dan menyebabkan sel tumbuh secara abnormal yang disebut sebagai sel kanker.

Untuk mencegah hal ini terjadi pada kita, mengonsumsi buah tin dapat menjadi salah satu solusinya. Karena kandungan polyfeno dalam buah tin berperan sebagai antioksidan yang menangkal radikal bebas.

Dengan konsumsi buah tin secara rutin, berbagai jenis kanker seperti kanker otak, paru-paru, darah, serviks, dan lainnya akan dapat dicegah.

Selain kandungan polyfeno, serat larut yang terdapat dalam buah tin pun dipercaya dapat mencegah kanker kolon (usus besar) dengan cukup efektif.

4. Mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh

Para ahli berpendapat bahwa kandungan serat larut berupa pektin sangat membantu dalam menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Nyatanya, kandungan serat larut cukup baik ini juga terdapat dalam buah tin.

Proses penurunan kadar kolesterol dalam tubuh dengan dengan kandunga yang terdapat di dalam buah tin adalah dengan membuang semua kolesterol melalui sistem ekskresi. Baik berupa keringat, air seni, maupun air besar.

5. Baik untuk penderita diabetes

Bagi penderita diabetes, biasanya dokter akan menyarankan untuk tidak mengonsumsi makanan yang manis. Istimewanya buah tin ini, meskipun manis, kandungan fruktosa dan glukosa ini tidak akan menaikkan kadar gula dalam darah.

Karena selain fruktosa dan glukosa, buah tin juga mengandung karbohidrat dan serat larut. Kedua kandungan inilah yang akan membuat proses penyerapan gula berlebih menjadi terhambat pada sistem pencernaan secara optimal. Bahkan, menurut beberapa ahi, buah tin cukup efektif guna pencegahan diabetes, asalkan tidak berlebihan dalam mengonsumsinya.

6. Mencegah keropos dan menguatkan tulang

Khasiat buah tin / ara yang lain yaitu dapat menguatkan tulang dan mencagah pengeroposan pada tulang. Dengan mengonsumsi buah tin secara rutin, salah satu penyakit tulang yang bernama osteoporosis dapat dicegah.

Buah tin mengandung kasium yang cukup tinggi. Menurut para ahli gizi, kandungan fosfor dan kalsium yang terdapat dalam buah tin bahkan lebih tinggi daripada yang terdapat dalam susu.

Untuk yang berusia 30 tahun keatas, mengonsumsi kalsium sangat membantu dalam pencegahan osteoporosis, sedangkan untuk anak-anak, akan terbantu pertumbuhan gigi dan tulangnya secara optimal.

7. Meninggikan badan secara alami

Siapa yang tidak ingin memiliki tubuh yang tinggi? dengan mengonsumsi buah tin rutin setiap tinggi, ternyata cukup berkhasiat dalam menambah tinggi badan dengan maksimal. Hal ini karena buah tin mengandung berbagai mineral alami seperti fosfor, kalsium, mangan, magnesium, dan lain-lain.

Biasanya, orang minum susu untuk menjadi tinggi. Nah, bagi yang ingin tinggi tapi alergi susu, maka buah tin dengan kandungan nutrisi lengkapnya bisa menjadi pilihan kamu untuk menggantikan susu.

8. Menggemukkan badan

Tahukah kamu? selain untuk menguruskan badan, program diet sehat juga bisa digunakan utnuk  menggemukkan orang yang kurus. Salah satu cara untuk menggemukkan badan adalah dengan megonsumsi susu dan buah tin secara bersamaan sebelum tidur.

Cara ini telah terbukti menaikkan berat badan sebanyak 2 kg dalam waktu seminggu tanpa khawatis kegemukan. Karena buah tin mengandung serat yang tidak akan menimbun lemak di tubuh, justru akan membantu tubuh menjadi lebih kencang.

9. Mengatasi insomnia atau susah tidur

Beberapa faktor yang menyebabkan insomnia atau susah tidur adalah mengonsumsi minuman berkafein (kopi), stres, dan trauma. Selain membantu agar tidak susah tidur, buah tin juga dapat mengatasi stres.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan di Universitas Yale, buah tin mengandung senyawa tryptophan yang ternyata cukup efektif  untuk memberikan rasa rileks, tenang, dan nyaman bagi pikiran. Sehingga menghilangkan insomnia dengan buah tin adalah pilihan yang tepat.

10. Mengatasi anemia atau kekurangan darah

Manfaat buah tin luar biasa lainnya adalah mampu membantu pengoptimalan dalam pembentukan hemoglobin darah. Dengan ini, anemia dapat diatasi dengan buah tin. Yang menjadi alasan bermanfaatnya buah tin bagi penderita anemia adalah karena buah tin mengandung zat besi yang cukup tinggi. Zat besi inilah yang menjadi bahan utama dalam membentuk hemoglobin darah.

11. Sumber nutrisi yang cukup baik dan lengkap

Buah tin tidak mengandung garam, lemak jahat, dan kolesterol, melainkan mengandung serat, kalium, dan kalsium yang cukup tinggi. Kandungan sodium dalam buah tin juga cukup rendah.Selain itu, buah tin juga kaya akan senyawa benzadehida (senyawa anti-kanker seperti beta-karoten). Menariknya lagi buah satu ini juga diperkaya dengan kandungan vitamin penting untuk tubuh, seperti vitamin A, B, dan C.

Selain itu, buah tin juga kaya akan senyawa benzadehida (senyawa anti-kanker seperti beta-karoten). Menariknya lagi, buah istimewa ini juga kaya akan kandungan vitamin penting bagi tubuh, seperti vitamin A, B, dan C. Dengan kandungan-kandungan nutrisi ini, gizi harian kita akan tercukupi.

12. Mengatasi sembelit atau susah BAB

Sejak jaman dahulu, mengonsumsi buah tin dipercaya dan banyak digunakan sebagai herbal pencahar alami yang mampu menyembuhkan sembelit kronis. Hal ini karena buah tin mengandung serat yang sifatnya laktasif.

 

Bukan hanya membantu dalam penyembuhan sembelit kronis, tapi buah tin juga cukup baik dikonsumsi untuk memelihara kesehatan pencernaan tubuh.

13. Baik untuk wasir dan ambeien (lihat hadist diatas)

Dalam hadits Rasulullah SAW, sudah disebutkan dengan jelas bahwa buah tin dapat menyembuhkan wasir atau ambeien dan encok. Dan memang benar, setelah dilakukan penelitian mendalam, kandungan senyawa flavonoid yang terkandung dalam buah tin  dengan kadar yang cukup tinggi dapat mencegah radika bebas dan peradangan yang menyebabkan semakin parahnya wasir.

Pendapat para ahli, dengan minimal 1 butir buah tin yang dikonsumsi setiap harinya, maka wasir yang diderita seseorang akan sembuh dengan begitu mudahnya.

14. Mencegah tumor jinak dan ganas

Selain kanker, pertumbuah sel secara abnormal juga akan mennyebabkan timbulnya tumor. Karena tumor ini tidak sampai merusak jaringan yang ada di sekitarnya, jadi namanya tumor jinak.

Yang menjadi penyebab buah tin dapat menghentikan tumbuhnya tumor jinak adalah senyawa kandungan phenol dan benzaldehide yang dipercaya dapat menghentikan tumbuhnya jamur, parasit, dan virus penyebab timbulnya tumor jinak.

Bukan hanya tumor jinak, tapi kombinasi antara antiosidan pun cukup efektif dalam mencegah munculnya tumor ganas.

15. Mengatasi gangguan sistem pernapasan

Asma adalah gejala sesak napas yang penyebabnya adalah adanya infeksi peradangan di bagian saluran pernapasan tubuh, lebih tepatnya di saluran menuju paru atau alveolus.

Mengkonsumsi buah tin setiap hari dapa menjadi salah satu solusi untuk mengatasinya. Infeksi saluran pernapasan tersebut bisa diatasi dengan begitu mudahnya dengan antiseptik dan antibakterial yang terkandung dalam buah tin.

16. Mengobati bisul dan abses

Bisul dan abses adalah jenis  penyakit kulit yang disebabkan oleh adanya infeksi dan alergi terhadap kuman / bakteri tertentu. Dengan kandungan antibakterial yang terdapat dalam buah tin, akan cukup berkhasiat dalam mengatasi penyakit kulit tersebut.

Caranya terbilang mudah, cukup denganmengoleskan buah tin secara halus dan merata ke bagian kulit yang terserang bisul atau abses. Lalu diamkan hingga kering dan bilaslah memakai air hangat.

17. Mempercepat penyembuhan luka baru

Berbagai luka seperti luka bakar, luka sayatan benda tajam, dan luka lain yang baru terjadi dapat disembuhkan dengan memakai buah tin. Hal ini karena buah istimewa ini mengandung antiseptik yang salah satu fungsinya adalah menyembuhkan luka.

Manfaatnya akan lebih maksimal lagi kalau buah tin dioleskan ke bagian luka secara langsung. Walaupun sebenarnya terasa cukup perih.

18. Mengobati sakit tenggorokan

Tenggorokan yang kurang lembab dapat menyebabkan organ itu terasa sakit. Bahkan, kalau terus dibiarkan, bisa terjadi pendarahan. Penyakit tenggorokan ini dikenal dengan nama sore throat.

Dengan tingginya kandungan lendir yang ada di dalam buah tin, sakit tenggorokan dapat diatasi dengan pelembaban alami. Caranya adalah dengan meminum jus buah tin tanpa perlu ditambahkan pemanis gula.

—-

19. Mampu menurunkan berat badan

Buah tin kombinasi dengan susu sangat baik untuk meningkatkan berat badan, namun apabila Anda ingin menurunkan berat badan silahkan konsumsi jus buah tin saja (tanpa tambahan susu).

Menurut para ahli diet sehat seperti Dr OZ, kandungan serat terlarut dalam buah satu ini mampu mengikat lemak dalam tubuh dan membuangnya melalui sistem pencernaan.

Namun untuk mendapatkan manfaat buah tin bagi diet secara maksimal, silahkan terapkan pula dengan melakukan olahraga secara rutin.

20. Mencegah penuaan pada wanita menopause

Gejala-gejala penuaan memang wajar terjadi, dan bahkan setiap orang akan mengalami fase penuaan tersebut, terleboh jika memasuki menopause. Namun Anda bisa menghambatnya dengan mengonsumsi buah tin setiap hari.

Menurut penelitian, seseorang yang mengonsumsi buah kaya akan serat (seperti buah tin), mereka akan mengalami resiko penuaan yang lebih rendah dari orang lain. Bahkan beberapa ahli berpendapat konsumsi buah tin akan membuat kita nampak lebih awet muda.



*sumber: kelambit.com



  

SHARE Facebook Twitter
PREVIOUS ARTICLE

Dahsyatnya Manfaat Shalat Sunah Seb...

NEXT ARTICLE

Mengapa Nabi Muhammad SAW Menyayang...

RELATED ARTICLES

COMMENTS (0)

LEAVE A REPLY


Masukkan Nama dan Email Anda untuk mendapatkan artikel terbaru