Bisnis Syariah yang Prospektif bagi Generasi M



Saat ini, kita telah memasuki sebuah era baru di mana istilah yang kini marak terdengar adalah zaman millennial, di mana berbagai perkembangan IPTEK dan kreatifitas generasi M atau yang lebih dikenal dengan generasi Muslim yakni generasi yang lahir dalam kurun 30 tahun terakhir semakin pesat. Generasi M adalah mereka yang tetap mengamalkan ajaran agama, namun tidak antimodernitas. Mereka percaya bahwa agama dan modernitas tidak mesti bertentangan. Berbeda dengan rekan-rekan Kristiani mereka di Eropa Barat dan Amerika Serikat yang kebanyakan telah berpaling dari agama dan memilih untuk sekuler.

Bisnis atau jual beli memang dibolehkan dan dianjurkan dalam Islam sebagai salah satu cara manusia memperoleh rezeki yang halal dan baik. Namun, tentu saja bisnis yang harus sesuai dengan syariah Islam. Kesadaran masyarakat muslim saat ini tentang pentingnya memahami dan memilih semua hal sesuai dengan syariah islam juga menjadi kabar baik yang sepatutnya disambut dan harus terus dikembangkan bagi generasi muda muslim di dunia. Nabi Shallallahu'alaihiwasallam ditanya tentang penghasilan yang paling utama. Beliau bersabda:

"Sebaik-baik penghasilan adalah jual beli yang sah, tidak terdapat unsur penipuan dan usaha seseorang dengan tangannya sendiri." (HR Ahmad 15276)

Dari hadis tersebut, bisa kita lihat bahwa berbisnis atau hal-hal yang ada hubungannya dengan perniagaan adalah hal yang disukai oleh Rasulullah. Sebagai generasi muda muslim yang baik dan visioner tentu kita ingin mampu mandiri secara finansial dan tidak lagi ketergantungan dengan uang yang diberikan orang tua, bukan? Berikut beberapa contoh bisnis syariah yang cocok dijalankan oleh anak muda dan mendatangkan keuntungan dan rezeki yang halal dan berkah:

1. Pakaian Distro

Pakaian distro selalu identik dengan produk yang unik dan menarik. Untuk memenuhi pasar Muslim di Indonesia, beberapa desain pakaian pun bisa diubah agar tetap gaya dan tidak melanggar syariah. Misal, desain kaos dibuat dengan simbol-simbol Islam atau dengan terjemahan ayat suci yang dicetak dengan menarik. Selanjutnya untuk wanita, produk hijab dan sejenisnya bisa dibuat model dan gaya yang elegan tanpa meninggalkan esensi dan manfaatnya. Bisnis syariah dengan jiwa muda ini terbukti menjual dan mendatangkan banyak keuntungan. Anak muda Muslim akan tertarik karena produknya sesuai dengan kaidah islam dan juga menarik.

2. Kafe Syariah

Kafe syariah menjadi bisnis syariah anak muda kedua yang bisa dilakukan dengan mudah. Konsep dari kafe ini adalah menyediakan kuliner yang tidak melanggar aturan Islam. Misal dengan tidak menyediakan makanan dan minuman haram atau aneka produk beralkohol meski kadarnya rendah.

Selain menawarkan makanan dan minuman yang halal, bisnis ini juga harus menawarkan pengolahan yang sehat dan higienis. Islam menyukai kebersihan karena sebagian dari iman. Selanjutnya penyajian juga harus dilakukan dengan benar sehingga pelanggan puas dan tidak menyesal telah mengeluarkan uangnya. Bisnis kafe syariah cukup menjanjikan terutama di kota-kota berkembang karena siapa saja bisa datang untuk makan, minum, serta juga bisa sebagai tempat bersilaturahim dengan keluarga, teman lama, sahabat, dan lain-lain. Pengolahan makanan yang benar membuat bisnis ini bisa dinikmati semua kalangan baik muslim maupun non Muslim.

3. Agen Travel

Bisnis travel cukup menjanjikan karena masyarakat millenial saat ini menganggap aktivitas wisata menjadi salah satu kebutuhan psikologis baru yang paling tidak dilakukan dalam beberapa periode waktu tertentu.

Berangkat dari keadaan ini, anak muda bisa memulai bisnis jasa agen travel dengan menyusun rencana perjalanan hingga menyediakan akomodasi dan makanan yang sesuai dengan syariah Islam. Selama ini, turis yang datang ke Indonesia hanya berasal dari kawasan Eropa dan Asia Timur. Kalau bisnis travel syariah ini dijalankan dengan baik, bukan tidak mungkin turis dari negara mayoritas muslim di dunia akan datang untuk melakukan perjalanan. Tugas anak muda saat ini adalah mendesain programnya dengan baik dan melakukan promosi yang memikat.

Itulah beberapa bisnis syariah yang cocok untuk anak muda yang bisa dijalankan di Indonesia. Dalam pelaksanaannya walau terdengar sepele namun tentu saja membutuhkan kesungguhan yang luar biasa agar dapat terwujud dengan baik. Semoga bisa memberi inspirasi untuk memulai bisnis yang berkah, asik, bermanfaat, dan menguntungkan. Aamiin.

SHARE Facebook Twitter
PREVIOUS ARTICLE

Bahaya Sikap Sombong

NEXT ARTICLE

Tips Agar Khusyuk dalam Shalat

RELATED ARTICLES

COMMENTS (0)

LEAVE A REPLY


Masukkan Nama dan Email Anda untuk mendapatkan artikel terbaru