8 Tips Praktis Untuk Pengusaha Meraih Sukses


 

 

Apa langkah yang dapat Anda lakukan untuk melanjutkan karir sebagai seorang pengusaha? Berikut 8 tips yang dapat kita terapkan :

1.  Jangan Memulai Bisnis Hanya untuk Uang

Banyak pelaku wirausaha terjun dalam dunia kepemilikan bisnis hanya karena satu alasan, yaitu uang. Jika Anda berbisnis semata-mata hanya untuk uang, maka Anda akan kecewa suatu saat nanti. Memang uang merupakan suatu hal yang penting dan dapat dijadikan tolak ukur, namun sebagian besar pengusaha berpengalaman akan mengatakan bahwa uang biasanya adalah hal yang terakhir datang.

2.  Tahu Saat yang Tepat untuk Fokus pada Waktu dan Energi

Mengejar setiap peluang yang ada tentu akan menyebabkan ketidakfokusan yang mungkin akan berakibat kekacauan. Bila Anda memiliki terlalu banyak hal untuk dilakukan, tidak memiliki gambaran jelas mengenai ke mana dan bagaimana memberikan waktu dan energi, maka gerakan Anda akan melambat. Maka dari itu, Anda harus memikirikan segala sesuatunya sebelum Anda mengerahkan waktu dan energi Anda untuk suatu hal yang baru.

3.  Prioritaskan Kegiatan untuk Memperbaiki Hubungan

“Kegagalan yang terjadi terus menerus biasanya dikarenakan lemahnya suatu hubungan.” Biasanya hubungan terlemah bisa Anda temukan  pada penanganan masalah perdagangan langsung kepada customer dan juga kurangnya proporsi nilai yang ditawarkan kepada target market dan juga kurangnya komunikasi.

4.  Memegang Akuntabilitas dengan Mengejar Akuntabilitas

“Kita hidup di dalam kondisi sosial yang menyendiri. Memiliki mentor, penasihat, dan rekan pengusaha lain di mana Anda punya akuntabilitas merupakan suatu keharusan. Baik dengan tatap muka atau pun koneksi virtual dari jarak jauh.

5.  Menentukan Sistem untuk Mencapai Tujuan Anda

Pengusaha cerdas tidak hanya menentukan tujuan, mereka juga membangun sistem untuk mendukung tujuan tersebut.

6.  Hindari Berbagai Masalah dengan Orang Lain

Membangun manajemen tim yang tepat dengan orang-orang yang tepat adalah dasar dari sebuah kesuksesan bisnis. Namun jika Anda membentuk tim yang salah, dengan orang yang tak tepat, sama saja dengan merencanakan datangnya bencana. “Pekerjakan orang berdasarkan dengan kecocokan nilai inti dan budaya, yang mungkin tidak ditampilkan dalam resume.” Dengan cara seperti itu, Anda akan mengetahui dengan jelas apakah orang tersebut merupakan orang yang tepat untuk berkerja dengan Anda.

7.  Lihatlah Cermin

Ingin tahu satu faktor kesuksesan atau kegagalan Anda? Lihatlah cermin. Anda lah faktornya. Pengusaha yang bijaksana mempunyai kemampuan untuk melihat diri mereka dengan penilaian tanpa memasukkan unsur prasangka. Ketika mereka melihat kekurangan, mereka akan membuat langkah untuk memperbaiki diri

 “Jujurlah pada diri Anda degan perbaiki kekurangannya dengan cara yang realistis dan sesuai dengan kemampuan diri sendiri.”

8.  Meminta Bantuan Ketika Membutuhkannya

Ramsden berjuang melawan kanker dan menang. “Sel-sel kanker adalah sel-sel kanker dan mereka akan berkembang biak sekalipun Anda tahu atau tidak tentang keberadaannya. Kanker tidak pandang bulu, jadi Anda harus menjaga sendiri kesehatan bisnis Anda. Dan hal tersebut memiliki arti bahwa Anda juga harus mengetahui kapan harus meminta pertolongan orang lain untuk menghilangkan kanker tersebut.” Pengusaha terbaik mengelilingi diri mereka dengan orang-orang pintar melebihi diri mereka. Dan kemudian tidak takut untuk meminta bantuan ketika mereka membutuhkannya.

 

Disadur dari Kelsey Ramsden, adalah wanita pengusaha terbaik di Kanada dan merupakan anggota terpilih dari Ernst & Young Winning Women Entrepreneurs 2013 , seorang survivor cancer

Kontributor : Nuty Laraswaty



SHARE Facebook Twitter
PREVIOUS ARTICLE

5 Kriteria Wanita Idaman

NEXT ARTICLE

KETIMUN DISEBUT DALAM AL QUR'AN, da...

RELATED ARTICLES

COMMENTS (0)

LEAVE A REPLY


Masukkan Nama dan Email Anda untuk mendapatkan artikel terbaru