Keutamaan Membaca Surah Al Kahfi Pada Hari Jum’at


Kitab suci Al-Qur’an merupakan Qalam Allah SWT yang memiliki bahasa begitu tinggi dan tidak diragukan kebenarannya. Setiap ayat yang disampai melalui malaikat Jibril terhadap Nabi Muhammad SAW memiliki pesan mendalam dan makna yang bisa diterima oleh akal. Setiap surat-surat-Nya memiliki keagungan, manfaat dan keutamaan tersendiri. Salah satunya adalah surat Al Kahfi yang memiliki banyak manfaat dan keutamaan, terlebih jika surat ini dibaca pada Hari Jumat.

 

Tentang Surat Al Kahfi

 

Surat Al Kahfi atau juga disebut Ashabul Kahf merupakan surat golongan Makkiyah atau yang diturunkan di Kota Mekkah. Surah ini terdiri atas 110 ayat dan bercerita tentang beberapa orang pemuda yang tidur dalam gua bertahun-tahun lamanya. Selain itu terdapat pula beberapa buah cerita dalam surat ini yang semuanya mengandung pelajaran-pelajaran yang amat berguna bagi kehidupan manusia.


Fadilah Surat Al Kahfi

 

Terdapat beberapa hadist yang mengungkapkan tentang keutamaan dan manfaat pada surat Al Kahfi, diantaranya:

 

Pertama: 

Membaca Al-Kahfi pada Hari Jumat akan terhindar dari fitnah Dajjal. Sosok kejam yang akan keluar pada akhir zaman ini nantinya akan membuat kerusakan di bumi dan menebarkan fitnah kepada setiap umat Islam. Nabi Muhammad SAW bersabda bahwa dengan rajin membaca surat ini pada hari jumat maka akan terhindar dari fitnah tersebut.

 

“Barang siapa membaca Surah Al Kahfi pada hari Jum’at, maka Dajjal tidak bisa memudharatkannya,” (HR-Dailami).

 

“Siapa yang membaca dari Surah Al-Kahfi, maka jadilah baginya cahaya dari kepala hingga kakinya dan siapa yang membaca keseluruhannya, maka jadilah baginya cahaya antara langit dan bumi,” (HR Ahmad).

 

Kedua: 

Membaca Al Kahfi pada hari Jumat  adalah mendapat pengampunan dosa diantara dua Jumat. Dalam riwayat lain masih dari Abu Sa’id al-Khudri radhiyallahu 'anhu, Rasulullah bersabda, Dari Ibnu Umar radhiyallahu 'anhuma, Rasulullah SAW bersabda:

 

“Siapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jum’at, maka akan memancar cahaya dari bawah kakinya sampai ke langit, akan meneranginya kelak pada hari kiamat, dan diampuni dosanya antara dua jumat.”

 

Ketiga: 

Membaca Surah Al Kahfi pada Hari Jumat juga akan mendapat pancaran cahaya diri.

 

"Barangsiapa membaca surat al-Kahfi pada malam Jum’at, maka dipancarkan cahaya untuknya sejauh antara dirinya dia dan Baitul 'atiq." (HR Al-Hakim) 

 

Keempat: 

Diriwayatkan dari Ibnu Mardawaih dari Abdullah  Bin Mughaffal disebutkan bahwa Rumah yang dibacakan surah al-Khafi dan al Baqarah tidak akan dimasuki setan sepanjang malam itu.

 

Sunnah membaca surat Al-Kahfi pada malam Jum’at atau pada hari Jum’atnya, dan malam Jum’at diawali sejak terbenamnya matahari pada hari Kamis. Kesempatan ini berakhir sampai terbenamnya matahari pada hari Jum’atnya. 

 

Imam Al-Syafi’i rahimahullah dalam Al-Umm menyatakan bahwa membaca surat Al-Kahfi bisa dilakukan pada malam Jum’at dan siangnya berdasarkan riwayat tentangnya (Al-Umm, Imam al-Syafi’i: 1/237).

  

Imam Nawawi berkata, “Ada ulama yang mengatakan bahwa sebab mendapatkan keutamaan seperti itu adalah karena di awal surat Al-Kahfi terdapat hal-hal menakjubkan dan tanda kuasa Allah. Tentu saja siapa yang merenungkannya dengan benar, maka ia tidak akan terpengaruh dengan fitnah Dajjal. Begitu pula akhir surat Al-Kahfi, mulai dari ayat,

 

أَفَحَسِبَ الَّذِينَ كَفَرُوا أَنْ يَتَّخِذُوا عِبَادِي مِنْ دُونِي أَوْلِيَاءَ إِنَّا أَعْتَدْنَا جَهَنَّمَ لِلْكَافِرِينَ نُزُلًا


maka apakah orang-orang kafir menyangka bahwa mereka (dapat) mengambil hamba-hamba-Ku menjadi penolong selain Aku? Sesungguhnya Kami telah menyediakan neraka Jahannam tempat tinggal bagi orang-orang kafir.” (QS. Al-Kahfi: 102) (Syarh Shahih Muslim, 6: 84)

 

Isi surat Al-Kahfi adalah:


1.      Diturunkannya Al-Qur’an sebagai pembimbing pada jalan yang lurus.

2.      Menghibur Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam karena orang kafir yang belum beriman.

3.      Keajaiban dalam kisah Ashabul Kahfi.

4.      Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam diperintahkan sabar menghadapi orang-orang fakir.

5.      Ancaman bagi orang kafir yang akan mendapatkan siksa dan bala’ (musibah).

6.      Janji pada orang beriman bahwa mereka akan mendapatkan balasan yang baik.

7.      Permisalan orang beriman dan orang kafir dalam menyikapi dunia.

8.      Permisalan dunia dengan hujan yang turun dari langit dan tanaman yang tumbuh.

9.      Dunia yang teranggap hanyalah ketaatan pada Allah saja.

10.  Penyebutan kejadian pada hari kiamat.

11.  Pembacaan kitab catatan amal.

12.  Manusia ditampakkan kebenaran.

13.  Iblis enggan sujud pada Adam.

14.  Keadaan orang kafir ketika masuk neraka.

15.  Orang yang membela kebatilan ketika berdebat dengan orang yang berpegang pada kebenaran.

16.  Cerita tentang umat sebelum kita yang hancur, supaya kita pun takut akan hal itu.

17.  Kisah Nabi Musa dan Khidr.

18.  Kisah Dzulqarnain.

19.  Bangunan yang menghalangi Ya’juj dan Ma’juj.

20.  Rahmat yang akan datang pada hari kiamat.

21.  Sia-sianya amalan orang kafir.

22.  Balasan bagi orang beriman dan yang berbuat baik.

23.  Ilmu Allah tak mungkin habis untuk dicatat.

24.  Perintah untuk ikhlas dalam beribadah dan perintah untuk mengikuti tuntunan Rasul (ittiba’ Rasul) lewat amalan shalih. (Kunuz Riyadh Ash-Shalihin, 13: 117)

Namun perlu dicatat keutamaan lainnya dari surat Al-Kahfi tentang keutamaannya dibaca pada hari Jumat. Imam Nawawi rahimahullah berkata, “Imam Syafi’i dalam Al-Umm dan Al-Ashaab berkata disunnahkan membaca surat Al-Kahfi pada hari Jumat dan malam Jumatnya.” (Al-Majmu’, 4: 295).

  

Demikianlah Manfaat dan Keutamaan Membaca Surat Al-Kahfi. Semoga kita semua diberi kemudahan oleh Allah Swt, untuk mengamalkannya, dan semoga kita semua mendapatkan ridho-Nya. Aamiin

 

Rasulullah SAW bersabda :

 

“Barangsiapa yang menunjukkan kepada kebaikan, maka ia (orang yang menunjukkannya) akan mendapat pahala seperti orang yang melakukannya. [HR Muslim, 3509].

 

Sumber : akhlakmuslim.com dan rumaysho.com

 

SHARE Facebook Twitter
PREVIOUS ARTICLE

Makna Pertemanan dalam Islam

NEXT ARTICLE

Hukum Aqiqah

RELATED ARTICLES

COMMENTS (0)

LEAVE A REPLY


Masukkan Nama dan Email Anda untuk mendapatkan artikel terbaru