Senyuman Bernilai Ibadah dan Meningkatkan Kesehatan



Rasulullah Shallahu ‘alaihi wa Sallam merupakan seorang suami yang penuh canda dan senyum dalam kehidupan rumah tangganya.. Aisyah Radliyallahu’anha mengungkapkan, ”Adalah Rasulullah Shallahu ‘alaihi wa Sallam ketika bersama istri-istrinya merupakan seorang suami yang paling luwes dan semulia-mulia manusia yang dipenuhi dengan gelak tawa dan senyum simpul.” (Hadits Riwayat Ibnu Asakir)

 

Dari sepenggal hadits di atas dapat kita ambil pelajaran sebuah contoh mulia dari Nabi tentang sikap beliau kepada para istrinya yaitu menjadi pribadi yang selalu gembira dan wajah yang di hiasi dengan senyuman. Saya cuplikkan lagi sebuah riwayat hadist agar lebih mantap.

 

Diriwayatkan At-Tirmidzi, Al-Husein Radliyallahu’anhu, cucu Rasulullah SAW menuturkan keluhuran budi pekerti beliau. Ia berkata, ”Aku bertanya kepada Ayahku tentang adab dan etika Rasulullah Shallahu ‘alaihi wa Sallam terhadap orang-orang yang bergaul dengan beliau. Ayahku menuturkan, ‘Beliau Shallahu ‘alaihi wa Sallam senantiasa tersenyum, berbudi pekerti lagi rendah hati, beliau bukanlah seorang yang kasar, tidak suka berteriak-teriak, bukan tukang cela, tidak suka mencela makanan yang tidak disukainya. Siapa saja mengharapkan pasti tidak akan kecewa dan siapa saja yang memenuhi undangannya pasti akan senantiasa puas…..” (Riwayat At-Tirmidzi)

 

Sudah tambah mantap bukan? Rasulullah adalah orang yang di cintai oleh para sahabatnya karena memiliki budipekerti yang baik, sebuah hadits juga menerangkan bahwa "tidak di utus Rasul kecuali untuk memperbaiki budipekerti" Nah salah satu budi pekerti yang selalu nabi praktekkan adalah dengan wajah yang selalu dihiasi oleh senyuman. 

 

Di atas sudah dijelaskan budipekerti Rasulullah,  sekarang kita bahas manfaat dan keutamaan senyuman kepada orang lain  menurut pandangan Islam sesuai  Sabda Rasulullah Muhammad Shalallahu ‘Alaihi Wassalam, yuk simak baik-baik :

 

1. Bernilai Ibadah Rosullullah Bersabda: “Senyummu ketika berjumpa saudaramu adalah ibadah.” ( HR al-Baihaqi no. 7935)

  

2. Menghargai Kebaikan Dari Abu Dzarr Radiyallahu ‘anhu ia berkata, : Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi wa sallam bersabda  :

 

”Janganlah kamu memandang rendah sedikitpun suatu kebajikan, walaupun sekedar kamu bertemu  saudaramu dengan wajah berseri-seri”. (HR Muslim no.2626.).

  

3. Menjadi Obat Hati, Fikiran dan Jiwa ,  Rasulullah bersabda :

 

” Janganlah kamu terlalu membebani jiwamu dengan segala keseriusan hidup. Hiburkanlah dirimu dengan hal-hal yang ringan dan lucu karena jikalau jiwa terus dipaksa memikul beban-beban yang berat, ia akan menjadi keruh.” ( HR Ibnu Majah no. 1130)

  

4. Dapat menenangkan hati yang marah dan emosi orang lain dan diri sendiri. Anas bin Malik meriwayatkan, dia berkata,

  

” Suatu hari aku dan para sahabat berjalan bersama-sama Rasulullah s.a.w. Ketika itu baginda memakai selimut dari daerah Najran yang hujungnya agak kasar. Tiba-tiba baginda bertemu dengan seorang Badwi( Arab Pedusunan). Tanpa disangka, lelaki Badwi itu langsung menarik selimut Rasulullah s.a.w dengan kuat sehingga aku melihat kesan merah di bahu baginda. Lelaki Badwi itu dengan kasar berkata, “Suruh orangmu memberi harta Allah kepadaku yang engkau simpan sekarang juga!” Kelakuan kasar dan sombong si Badwi tersebut membuatkan para sahabat sangat marah dan ingin mengajarnya. Namun Rasulullah melayani sikap kasar lelaki Badui itu dengan senyuman dan berkata kepada kami dengan senyum manis pula, “Berilah lelaki ini makanan apa sahaja yang dia mau. Kami lantas memberi si Badui makanan yang dia pinta. Dan kami tidak jadi mengajar si Badui kerana senyuman Rasulullah s.a.w.

( HR at-Tabrani no. 7695 )

 

Ternyata tidak hanya karena meniru budipekerti Rasul yang murah senyum, namun manfaat tersenyum juga untuk kesehatan kita. Berikut manfaatnya.

.

Manfaat Senyuman Bagi Kesehatan

1. Senyum bisa mengurangi depresi (stress)

Ketaka seseorang sedang mengalami depresi karena suatu permasalahan dapat terlihat dari ekspresi wajahnya, dengan tersenyum bisa membuat hati menjadi lebih senang. Tips senyum berikan senyuman terbak anda kepada orang yang anda sayangi saat bersedih, lihat hasilnya.

 

2. Senyum Membantu meningkatkan sistem daya tahan tubuh

Senyum dapat membantu sistem daya tahan tubuh untuk bekerja lebih baik. Saat seseorang tersenyum maka fungsi imun meningkat yang membuat orang yang tersenyum menjadi lebih rileks dan terhindar dari penyakit seperti flu dan pilek.

 

3. Senyum mengontrol tekanan darah

Saat tersenyum maka ada penurunan nilai tekanan darah yang terukur. Cobalah mengukur tekanan darah saat duduk di rumah sambil membaca, lalu tersenyum selama 1 menit dan mengukur tekanan darah kembali, maka akan terlihat perbedaan.

 

4. Senyum bisa jadi obat antinyeri alami di hati dan di tubuh

Senyum dapat melepaskan endorfin, penghilang rasa sakit dan serotonin.

Penelitian telah menunjukkan bahwa senyum dapat melepaskan endorfin, senyawa yang bisa mengurangi rasa sakit secara alami dan serotonin. Ketiganya bisa membuat orang merasa lebih baik dan menjadi obat yang alami.

 

5. Obat awet muda alami

Lipatan senyum di wajah mampu membuat orang terlihat lebih muda

Otot-otot yang dibekerja untuk tersenyum dapat membantu mengangkat wajah sehingga membuat orang tampak lebih muda. Karenanya cobalah lebih sering tersenyum yang membuat merasa lebih muda dan lebih baik.

 

Sungguh luarbiasa manfaat senyuman, dampaknya bagi kesehatan diri sendiri dan berdampak bagi orang lain pula. Yuk mari kita membiasakan tersenyum kepada orang lain dengan saling peduli dan rasa empati kesesama manusia.

 

*diadaptasi dari : zona-manfaat.blogspot.co.id

SHARE Facebook Twitter
PREVIOUS ARTICLE

YUK….TRAVELING KE JOGYA!

NEXT ARTICLE

Hukum Waris Islam (I)

RELATED ARTICLES

COMMENTS (0)

LEAVE A REPLY

Masukkan Nama dan Email Anda untuk mendapatkan artikel terbaru