16 Hal yang Dilakukan Oleh Orang Sukses


Kesuksesan adalah suatu hal yang kontroversial dan menyenangkan untuk dibicarakan. Bukan hanya karena pendapatan yang besar saja, tetapi juga fakta bahwa orang-orang sukses dapat mewujudkan gaya hidup yang diimpikan serta mempunyai waktu lebih untuk dihabiskan bersama keluarga, hobi, dan mimpi. Menjadi orang sukses tidak tejadi secara tiba-tiba atau tanpa disengaja. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi prosesnya. Yang dilakukan dan tidak dilakukan dalam kegiatan sehari-haripun mempunyai peranan penting dalam meraih kesuksesan.

Orang-orang sukses juga merupakan manusia biasa seperti manusia yang lain. Yang membedakan adalah mereka melakukan hal-hal yang berbeda dari orang-orang pada umumnya untuk meraih kesuksesan. Sebagian besar dari orang-orang sukses memiliki kebiasaan yang sama yang bisa di contoh. Berikut diantaranya.

1. Membuat Tujuan yang Spesifik dan Dapat Direalisasikan

Lebih dari 60% orang sukses yang mengikuti sebuah riset menyatakan bahwa mereka lebih fokus pada tujuan yang dapat diraih sehari-hari. Kemudian, tujuan yang mereka pilih adalah tujuan yang lebih dapat direalisasikan melalui tindakan sederhana, jadi mereka mengetahui betul apa yang menjadi penghalang antara mereka dan kesuksesan.

2. Membuat Daftar yang Harus Dikerjakan dan Mengulasnya Tiap Hari

Agar lebih dekat dengan kesuksesan, orang-orang tersebut membuat daftar yang harus dilakukan dan meninjaunya setiap hari. Daftar tersebut juga bisa diisi dengan tujuan jangka pendek. Apapun yang anda ingin capai, pasti ada hal-hal yang harus dikerjakan terlebih dahulu untuk mencapainya. Hal-hal itulah yang harus diselesaikan setiap hari tanpa alasan.

3. Menjaga Kesehatan Jasmani dan Rohani

Untuk dapat sepenuhnya meraih ambisi, mereka memerlukan badan yang bekerja secara optimal dan efisien. Yaitu dengan cara diet sehat, olahraga teratur dan menjaga pikiran tetap sehat, menjaga bentuk badan agar tetap prima, menghindari kebiasaan bermalas-malasan, pergi berlibur, serta beribadah agar pikiran kita tetap jernih.

4. Mencintai Kebiasaan Membaca Buku Setiap Hari

Orang sukses tidak hanya mengkonsumsi makanan yang sehat, tetapi mereka juga mengkonsumsi ilmu pengetahuan dan informasi untuk pikirannya. Hampir 90% orang sukses menyatakan bahwa mereka gemar sekali membaca buku. Umumnya, buku yang dibaca adalah buku mengenai pengembangan diri dan buku nonfiksi. Bahan bacaan tersebut menjadi sumber inspirasi dan ilmu yang hebat.

5. Mendengarkan Audiobook Ketika Bepergian

Orang sukses lebih memilih mendengarkan audiobook (buku yang berupa file suara dan dibacakan untuk anda), daripada mendengarkan musik ketika mereka sedang dalam perjalanan. Dengan begitu pikiran mereka selalu berada dalam kondisi yang baik, positif, dan selalu ingin mencapai suatu hasil yang memuaskan. Apabila setiap hari anda menghabiskan waktu sekitar satu jam di perjalanan, dan anda memanfaatkan waktu tersebut untuk mendengarkan audiobook, maka total anda akan mendapat 365 jam untuk mengembangkan diri dalam setahun.

6. Bekerja Keras

Ketika ditanya mengenai rahasia dari kesuksesan, Dwayne Johnson yang biasa disebut "The Rock", seseorang yang dulunya serba kekurangan dan sekarang adalah bintang Hollywood, mengatakan bahwa tidak ada rahasia untuk menjadi sukses. Cukup dengan bekerja dengan giat, dan dengan begitu anda akan lebih dekat dengan tujuan anda mencapai kesuksesan.

7. Memprioritaskan Kehidupan Bersama Keluarga

Seseorang yang sukses tahu betul apa yang bisa dan tidak bisa dibeli dengan uang. Itulah mengapa mereka menjunjung tinggi nilai kebersamaan dengan keluarga, sesuatu yang dianggap sangat berharga. Mereka sadar bahwa uang bisa didapatkan kapanpun, dan waktu untuk bisa bersama keluarga sangatlah terbatas. Karena itulah mereka lebih memprioritaskan hal tersebut.

8. Menghargai Waktu dan Menghabiskan Waktu Dengan Bijak

Sangatlah mudah untuk lupa waktu dengan dunia yang penuh dengan godaan ini. Hal tersebut tidak akan dibiarkan terjadi oleh orang-orang yang ingin sukses. Mereka sadar betul bahwa waktu yang sudah terbuang selamanya tak akan kembali. Maka bagi mereka, waktu adalah hal yang sangat tak ternilai harganya. Mereka akan mengisi setiap waktu luang yang mereka dapat dengan hal-hal positif yang dapat membantu hidup mereka menjadi lebih baik.

9. Memperhatikan Kebiasaan Hidup Positif

 

Kebiasaan Anda membentuk pribadi Anda. Jika Anda mengkonsumsi makanan tidak sehat, berbicara negatif, dan menghabiskan banyak waktu tanpa berbuat apapun, maka Anda akan terjerumus ke masa depan yang suram. Individu yang sukses menjaga kebiasaan mereka dengan hati-hati, dan dengan begitu mereka akan mendapat kegiatan yang sangat bermanfaat bagi hidupnya.

10. Tidak Percaya dengan Keberuntungan

Uang didapat melalui kerja keras dan kreativitas, riset pasar, juga faktor lainnya. Tetapi keberuntungan tidak menjadi salah satu diantara yang diutamakan. Karena itu orang-orang sukses tidak meraih kesuksesan dengan cara berjudi. Mereka juga mendapat kerugian finansial, tetapi mereka memperhitungkan segalanya.

11. Tidak Membelanjakan Uang Lebih Besar dari Penghasilan

Semisal pendapatan Anda sejumlah Rp10 juta per bulan dan Anda membelanjakannya sampai habis, maka Anda masih belum bisa dibilang sukses. Masyarakat kelas menengah ke bawah cenderung membelanjakan uangnya melebihi pendapatannya yang diakibatkan dari pemikiran jangka pendek. Sedangkan orang sukses bisa mengatur kepuasannya agar keuangannya tetap stabil dan mengamankan masa depannya.

12.Tidak Menghabiskan Waktu Dengan Menonton TV

Televisi merupakan penyita waktu dan hampir tidak ada nilai yang bisa bermanfaat untuk hidup Anda. Televisi membuat Anda bermalas-malasan, obesitas, dan naiknya kemungkinan untuk terkena diabetes. Karena orang-orang sukses menghindari kebiasaan buruk, maka mereka mengganti televisi dengan sumber hiburan yang lebih kreatif dan bermanfaat seperti membaca buku.

13.Tidak Mengikuti Arus

Mempunyai cara pikir yang berbeda adalah sebuah keharusan. Meraih hasil yang mengesankan melalui tindakan dan pemikiran yang biasa sangatlah tidak mungkin. Orang sukses tidak takut untuk memimpikan hal besar dan melakukan segalanya untuk meraih sesuatu.

14. Tidak Melewatkan Setiap Kesempatan

Untuk dapat memanfaatkan segala hal dalam meraih kesuksesan, orang-orang sukses menempatkan diri mereka di tempat dan waktu yang tepat. Mereka menyadari bahhwa beberapa kesempatan bisa menjadi titik balik yang dapat mengubah nasib mereka.

15. Tidak Berfokus Sepenuhnya pada Uang

Uang bukanlah yang terpenting dalam mencapai kesuksesan. Orang-orang sukses menggunakan sebagian hartanya untuk membantu mengubah dunia menjadi lebih baik. Bill Gates adalah orang terkaya di planet ini. Tetapi dia juga orang yang paling murah hati. Bill Gates berencana mendonasikan sebagian besar uangnya untuk membantu orang-orang yang kesusahan saat dia meninggal nanti.


16. Tidak Mudah Menyerah

Menjadi sukses tidak terjadi dalam semalam. Butuh waktu yang sangat panjang dan usaha yang keras serta melalui jalan yang penuh dengan rintangan untuk akhirnya mencapai tujuan akhir yaitu kesuksesan. Kuncinya adalah tetap gigih, percaya pada diri sendiri dan pantang menyerah.

 Sukses Tidak Sulit

Bukanlah hal yang sulit untuk menjadi salah satu orang yang sukses. Tidak ada rahasia sukses yang sebenarnya karena kesuksesan datangnya dari kita sendiri. Bagi setiap orang, meraih kesuksesan tentunya menjadi impian yang selalu ingin diwujudkan. Semua orang tanpa kecuali bisa menjadi pribadi yang sukses jika mau dan menekuni kiat-kiat di atas, dan dengan begitu masa depan yang cerah telah menunggu anda di depan.

Kejarlah impian Anda. Jadikan kehidupan Anda sebuah mahakarya dengan bersedia untuk berjuang demi sebuah kesuksesan. Orang dengan keinginan kuat untuk sukses pasti tahu ada harga yang harus dibayar untuk menjadi sukses, dan bersedia berkorban serta bekerja keras untuk meraih kesuksesan tersebut. Jika Anda yakin bahwa segala sesuatu itu mungkin terjadi dan bersedia melakukan apapun dan selama apapun yang diperlukan untuk menyelesaikannya, maka kesuksesan hanyalah masalah waktu. Jika menaruh hal-hal baik dalam pikiran, Anda akan menjadi lebih kuat dan lebih yakin pada diri sendiri.

 Sumber : cermati.com

SHARE Facebook Twitter
PREVIOUS ARTICLE

9 Cara Negosiasi Gaji untuk Pekerja...

NEXT ARTICLE

10 Tips Sukses Memulai Bisnis untuk...

RELATED ARTICLES

COMMENTS (0)

LEAVE A REPLY

Masukkan Nama dan Email Anda untuk mendapatkan artikel terbaru